Pengin Liburan Tapi Gak Mau Kantong Jebol? Berikut Tips Liburan Murah ala Backpacker

KoncoGuru-Siapa sih yang tidak ingin liburan, semua orang pasti ingin liburan, apalagi dibayarin. Lepas dari beban kerja yang mengendap di kepala, lari dari rutinitas kuliah, dan pergi dari hingar-bingarnya kehidupan yang penuh drama. Liburan pada dasarnya adalah melepas semua energi negatif yang ada di tubuh dan mengganti dengan energi positif yang akan kita jumpai pada saat iburan, entah itu saat kita berada di destinasi wisata, saat perjalanan, maupun saat kita berinteraksi dengan warga lokal. 

Tapi inget ya, guys, jangan sampai liburan malah bikin kita tambah stres. Karena ada juga beberapa orang yang kurang bisa memanfaatkan waktu liburan dengan baik seperti masih memikirkan beban pekerjaan, disibukkan dengan media sosial, nyari oleh-oleh buat temen-temen dan keluarga, dan masih banyak lagi. Intinya saat luburan kita bawa seneng aja, ya. Tapi, kita juga tidak boleh terlalu berlebihan saat liburan, seperti tidak kontrol terhadap pengeluaran kita. Kita harus memperhatikan hal-hal kecil sebagai bahan perhitungan saat liburan. Nah, kali ini saya akan membagikan tips liburan murah ala backpacker yang tidak membuat kantong jebol.

Sebelum Menentukan Destinasi Wisata, Kita Wajib Survey
Pertama adalah survey, entah itu survey lolasi, transportasi apa saja yang bisa kita gunakan, dan berapa uang yang akan kita keluarkan seandainya kita menuju salah satu destinasi yang kita pilih. Semua harus dihitung secara cermat. Saat ini dimana kecanggihan teknologi sudah kian maju, kita akan selalu dimudahkan untuk mencari info liburan melalui internet. Nah, kita harus memanfaatkan betul. Ingin cari info penginapan murah, sudah ada aplikasinya, cari info tiket pesawat, sudah ada aplikasi yang kita unduh di playstore. Pokoknya kita dimudahkan banget, maka manfaatkanlah teknologi untuk backpakeran denga baik.
Bawa Uang Cash Secukupnya
Segala hal yang berlebihan itu kurang baik. Sama halnya ketika kita membawa uang cash saat liburan. Membawa uang cash secukupnya bisa meminimalisir pemborosan pengeluaran kita saat liburan. Kan tadi pas awal kita sudah survey, pasti kita tahu berapa besaran biaya yang kira-kira akan kita keluarkan. Kalau ingin membawa uang banyak, usahakan simpan saja di ATM sebagai jaga-jaga jika ada keperluan mendesak yang lain. Tapi perlu diingat, jangan ketergantungan dengan ATM, ambil uang tunai secukupnya dan sewajarnya.
Tiket Transportasi
Carilah info destinasi wisata selengkap mungkin. Jika kalian ingin menaiki alat transportasi, misalnya pesawat. Cari infomasi mengenai jadwal penerbangan, priksa juga apakah ada harga tiket promo atau tiket murah. Jika sudah menemukan yang cocok, segeralah reservasi. Catat juga waktu keberangkatan supaya tidak lupa.
Pilih yang Paling Nyaman dan Efektif
Perlu diketahui, kenyamanan tiap orang memang berbeda-beda, guys. Misalnya ketika saya dan teman-teman traveling ke Makassar beberapa tahu lalu, salah satu teman ada yang memilih naik kapal barang karena harga lebih murah, tapi ada juga yang ingin naik pesawat karena bisa memangkas waktu perjalanan menjadi lebih singkat. Ada banyak opsi, dan kita harus memilah mana yang paling baik, jika kita traveling berkelompok.
Bukan Musim Liburan
Pernah nggak kalian liburan pada saat musim liburan telah tiba? Gimana rasanya? Apakah menyenangkan? Saya pernah, dan itu nggak enak banget, guys. Bukan senang yang didapat, malah macet dimana-mana, belum lagi penuhnya destinasi wisata yang kita kuncungi. Jadi mengurangi kenikmatan liburan. Biasanya musim liburan semua harga naik mulai dari tiket, tempat penginapan, makanan, dan lain-lain. Maka sesuaikan jadwal liburanmu jangan sampai bertabrakan dengan musim liburan, seperti sebentar lagi saat liburan tahun baru. Liburan itu butuh privasi, kalau destinasi terlalu ramai kita tidak bisa menikmati kebebasan saat liburan.

Semoga tips sederhana ini bisa membantu dan mendukung kalian jika ingin liburan murah. Traveling atau liburan tidak harus mahal, yang penting kita bisa mengatur uang kita dengan bijak.

Comments