Posisi Stir Mobil Ada yang di Kanan dan Ada yang di Kiri. Kok Bisa? Simak Penjelasan Berikut.

Posisi Stir Mobil Ada yang di Kanan dan Ada yang di Kir. Sumber: www.pexels.com
KoncoGuru-Selama ini kita sangat familiar dengan mobil dengan posisi stir di kanan; dan anda pasti sudah tahu kalau ada juga negara yang mobilnya mempunyai letak atau posisi stir di kiri. Namun tahukan anda kenapa letak posisi stir di berbagai negara berbeda-beda? Nah, kali ini KoncoGuru akan memberikan info apa alasan dibalik itu semua. Sebelum masuk ke inti, kalian harus tahu dulu istilah left-driving countries dan right-driving countries berikut ini.

Left-Driving Countries
Left-Driving Countries adalah sebuah aturan dengan standar lalu lintas menggunakan lajur kiri, namun posisi stir mobil berada di kanan. Negara yang memberlakukan aturan ini diantaranya adalah Indonesia, Inggris, Jepang, dan negara tetangga kita Malaysia dan Singapura.

Right-Driving Countries
Jika kalian sudah tahu istilah left-driving countries, maka right-driving countries adalah kebalikannya. Jadi right-driving countries adalah aturan standar lalu lintas menggunakan lajur kanan, namun posisi stir berada di kiri. Negara yang memberlakukan aturan ini diantaranya adalah Tiongkok, Amerika, dan sebagian besar negara Eropa kecuali Inggris tentunya.

Ini Dia Sejarah Kenapa Posisi Stir Mobil Ada yang di Kiri dan Ada yang di Kanan
Sejarah posisi stir mobil ada di kanan ternyata berawal dari zaman kerajaan Inggris pada masa lalu, tepatnya saat zaman perang. Jadi pada masa itu para prajurit dan ksatria dari kerajaan Inggris mempunyai kebiasaan mengendarai kereta perang untuk bertempur melawan musuh-musuhnya. Nah, pada saat mengendarai kendaraan tempur ini, para ksatria Inggris berada di sisi kanan kereta perang sambil menggenggam pedang. Nah, ternyata kebiasaan ini bertahan sampai sekarang di Inggris sehingga letak strir kendaraan di sana berada di kanan. Bagaimana di Indonesia?

Sejarah posisi stir berada di sebelah kiri juga sudah berlangsung cukup lama, yaitu sekitar tahun 1700-an silam di Prancis dan Amerika Serikat. Jadi pada masa itu para kusir menggunakan gerobak besar atau istilahnya sado untuk mengangkut hasil pertanian. Gerobak besar ini ditarik oleh beberapa kuda dan tidak memiliki kursi yang digunakan untuk duduk kusirnya. Untuk memudahkan kusir dalam mengendalikan kuda, maka sang kusir memiliki kebiasaan duduk di bagian kiri gerobak dan tangan kanan digunakan untuk mencambuk kuda supaya baik jalannya. Seperti di Inggris, kebiasaan para kusir ini awet sampai sekarang dan digunakan sebagai aturan berlalu-lintas di sana.

Itulah alasan mengapa posisi stir mobil ada yang di sebelah kanan dan ada juga yang di sebelah kiri. Ternyata sejarahnya sudah berlangsung cukup lama, ya, gaes.

Comments