Selesai PPG, Habis Itu Mau Ngapain?

KoncoGuru-Pendidikan Profesi Guru atau didingkat PPG adalah sebuah pendidikan lanjutan bagi seorang guru untuk mendapatkan kualifikasi sebagai guru professional. Peserta PPG yang telah dinyataka lulus nantinya akan mendapatkan sebuah sertifikat pendidik dan mempunyai gelar Gr. Program PPG adalah implikasi dari UU nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen dan digarapkan lulusan PPG ini menjadi guru-guru professional dan unggul serta menjadi air di padang pasir.

PPG sendiri dibagi menjadi PPG dalam jabatan dan PPG pra jabatan. PPG dalam jabatan ditujukan pada guru-guru yang sebelumnya sudah mengajar di sekolah. PPG pra jabatan ditujukkan kepada para sarjana yang berminta menjadi guru atau lulusan pendidikan guru namun belum mengajar secara resmi di sekolah, seperti saya.

Saya dalah alumni dari program SM-3T, yaitu program mengajar dimana guru-guru atau pesertanya di kirim ke pelosok tanah air dan mengajar di sana selama satu tahun. Setelah program SM-3T saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program PPG Berasrama sebagai tindak lanjut dari program SM-3T. Jadi, setelah SM-3T saya diwajibkan mengikuti program PPG Berasrama. PPG Berasrama dilaksanakan kurang lebih selama 6-12 bulan di LPTK penyelenggara sebagai persiapan untuk calon guru professional. 

Program PPG diawali dengan kegiatan workshop selama satu semester, dilanjutkan dengan kegiatan PPL. dan diakhiri UKMPPG (Ujian Nasional PPG). Alhamdulillah dengan perjuangan yang sangat keras, saya dinyatakan lulus PPG dan sudah diyudisium pada akhir bulan Desember kemarin. Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, setelah lulus PPG selanjutnya mau ngapain? Tidak sedikit dari teman-teman saya yang masih galau memikirkan kelanjutan hidup setelah PPG walaupun sebagian ada juga beberapa teman yang sudah diterima menjadi CPNS dan guru kontrak daerah melalui tes yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Nah, pada artikel kali ini saya akan mencoba untuk memberi gambaran ketika sudah menyelesaikan kegiatan PPG.

Mendaftar Menjadi Guru di Sekolah
Hal pertama setelah lulus PPG adalah menlanjutkan melamar menjadi guru di sekolah-sekolah di daerah kalian. Kalau dulu mungkin kalian pernah melamar kerja di sekolah, sekarang juga sama. Namun bedanya saat ini kalian sudah mempunyai sertifikat PPG. Hal tersebut bisa menjadi nilai tambah bagia kalian saat mendaftar atau melamar pekerjaan di sekolah.
Melanjutkan Pendidikan S2
Bagi kalian yang mampu, Melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 adalah salah satu pilihan setelah kegiatan program PPG telah berakhir. Kalian bisa melanjutkan pendidikan S2 melalui beasiswa maupun biaya mandiri. S2 saat ini menjadi sangat penting karena lulus S1 saja tidak cukup karena di luar sana sudah banyak lulusan S1 bertebaran dan belum tentu lulusan S1 bisa bekerja sesuai dengan bidangnya.

Memulai Bisnis dan Usaha Mandiri
Sambil nunggu lamaran kerja diterima, alangkah bainya kalian mencari kegiatan yang bisa meningkatkan produktivitas. Kalau sudah rezeki, siapa tahu kegiatan itu justru malah menjadi mata pencaharian utama kalian. Kegiatan yang produktif misalnya memulai menjadi pengusaha di bidang yang kalian sukai, misalnya yang hobi jual beli online bisa juga menjadi penjual di situs-situs jual beli online seperti bukalapak, shopee, tokopedia, dan lain-lain. Bagi yang menyukai dunia tulis menulis bisa juga menjadi seorang conten writer dan menawakan jasanya di media online. Intinya jika kalian berusaha, akan terbuka banyak jalan menuju kesuksesan.

Program GGD
Program GGD alah salah satu program yang paling ditunggu-tunggu pasca kegiatan PPG. Program GGD ini seperti SM-3T namun bersifat lebiha lama, kalau mau bisa juga permanen dan menetap tinggal dan mengajar di daerah-daerah terluar dari Nusantara. Tahun lalu saja kurang lebih 7.000 guru alumni SM-3T dan PPG sudah diepas untuk mengikuti program GGD ini. Namun untuk tahun ini baru terdengar wacana saja, pastinya seperti biasa; masih menjadi misteri.

Menikah
Buat yang pacaran sudah lama atau pernah conlok di program SM-3T maupun PPG sebaiknya menikahlah. Khusus bagi yang perempuan, masa petualangan kalian sudah cukup dan sekarang saatnya naik ke pelaminan. 2,5 tahun berjuang di SM-3T dan PPG adalah sebuah pengorbanan yang sangat luar biasa dan menikah adalah kado yang paling indah untuk kalian para pejuang pendidikan. Walaupun menikah itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi insya allah setelah menikah rezeki akan terus mengalir dengan sendirinya.

Tidak perlu risau dan tidak perlu galau, hidup terus berjalan dan jika kita tidak terus melangkah, maka kita akan tertinggal bahkan terjatuh. Fokus ke masa depan, pintu rezeki masih terus terbuka lebar. Terpenting adalah terus berusaha menjadi lebih baik. Jadi jika kata hatimu masih bertanya,”Setelah PPG mau ngapain?” Insya allah jawabannya sudah ada di atrikel saya yang sederhana ini.

Comments