Trip ke Patrawisa, Desa Limbasari, Purbalingga

KoncoGuru-Kali ini saya akan membagikan sebuah catatan perjalanan di daerah saya, yaitu Patrawisa, Desa Limbasari, Kabupaten Purbalingga. Limbasari selain terkenal dengan legenda Putri Ayu Limbasari-nya, ternyata mempunyai potensi alam yang sangat bagus. Selain river tubing yang dikelola swadaya oleh masyarakat setempat, Desa Limbasari memiliki satu lagi tempat wisata alam yang tidak kalah bagus dengan tempat wisata di daerah lain, khususnya di Purbalingga. Salah satu tempat wisata itu bernama Patrawisa.

Patrawisa adalah objek wisata alam yang berda di antara kaki Gunung Tukung dan Gunung Plana. Patrawisa menawarkan pemandangan alam yang masih alami dan asri. Selain berada di antara Gunung Tukung dan Gunung Plana, Patrawisa juga mempunyai dua buah sungai yang sangat jernih airnya. Sungai tersebut adalah Sungai Wlingi dan Sungai Tuntung Gunung.

Rute Menuju Patrawisa
Jika anda dari arah Purbalingga, anda cukup menuju ke arah Kecamatan Bobotsari terlebih dahulu. Butuh waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Purbalingga ke Bobotsari. Setelah itu ikuti saja plang jalan yang menuju ke arah Karangreja/pemalang. Tepat di Pegadaian Bobotsari, ada pertigaan ke arah utara, ambil kanan (jika dari arah purbalingga). Jika anda masih bingung, anda bisa bertanya ke warga setempat. Mereka pasti akan dengan senang hati mengarahkan anda ke Desa Limbasari. Lebih Jelasnya, anda bisa lihat peta berikut.

Setelah kalian sampai di Patrawisa, selanjutnya kalian bisa treking sekitar 30 meni di jalan setapak. Sebenarnya jalan ini bisa dilalui speda motor, namun harus berhati-hati. Jika anda seorang petualang dan menyukai pemandangan, lebih baik treking saja. Itung-itung olahraga sambil melihat pemandangan alam. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat video berikut ini.

Itulah info wisata yang bisa saya bagikan ke anda kali ini. Purbalingga dengan segudang potensi wisata alamnya, lambat laun pasti akan terus maju dan menyaingi potensi wisata alam di daerah lain. Maka dari itu, terus kembangkan potensi wisata alam yang berada di Kabupaten Purbalingga. Semoga artikel ini bermanfaat, terus jaga kelestarian alam, jangan buang sampah sembarangan, dan travelinglah dengan hati.

Comments